Sabtu, 18 Februari 2012

10 Tips Dasar Untuk Menghasilkan Foto Yang Lebih Baik (Part 2)

Apakah kamu sudah mengikuti 5 tips yang telah saya tulis sebelumnya? Bagaimana pendapat kalian? Kali ini saya akan melanjutkan 10 tips dasar untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Berikut lanjutannya:

6. Memahami Exposure Triangle (Segitiga Eksposur)

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah ini karena segitiga eksposur adalah dasar dari pengambilan gambar dari sebuah kamera (terutama kamera semi-pro dan DSLR)

Berikut adalah ringkasan singkat dari 3 bagian eksposur kamera Anda:

ISO: hal ini menentukan seberapa besar tingkat "sensitivitas terhadap cahaya" kamera kamu. Jumlah ISO yang lebih tinggi berarti kamera akan lebih sensitif sehingga kamu dapat menggunakan shutter speed (kecepatan rana) yang lebih cepat atau aperture yang lebih kecil (F yang lebih besar), tetapi juga semakin tinggi jumlah ISO yang kamu pakai akan membuat hasil foto semakin kasar degan munculnya noise pada gambar.

Shutter Speed: hal ini menetapkan berapa lama rana kamera akan tetap terbuka, dan membiarkan cahaya masuk ke sensor kameramu. Kecepatan rana yang lebih lambat akan menghasilkan gambar blur jika subjek di gambar kamu bergerak, tetapi rana membiarkan cahaya jauh lebih memungkinkan untuk menggunakan ISO yang lebih rendah atau bukaan yang lebih kecil. Kecepatan rana yang lebih cepat dapat "menghentikan waktu" (freeze) dan membuat objek yang bergerak cepat akan tampak berhenti, tetapi rana membuat cahaya yang masuk menjadi lebih sedikitt, sehingga kamu akan perlu mengimbanginya dengan bukaan yang lebih besar atau ISO yang lebih tinggi.


Aperture: "aperture" pada lensamu berfungsi seperti iris mata manusia - dapat dibuka sangat besar untuk membiarkan banyak cahaya masuk, atau dapat dibuka hanya sedikit untuk membiarkan sedikit jumlah cahaya yang masukSeperti yang saya bahas di atas, aperture yang lebar akan menghasilkan kedalaman fokus yang tipis, sedangkan aperture yang lebih kecil akan menghasilkan gambar yang jauh lebih fokus. 

Jelas bahwa ISO, shutter speed, dan aperture semua saling mempengaruhi. Jika kamu membuka aperture, kamu akan perlu untuk mempercepat rana atau menggunakan ISO yang lebih rendah. Jika Anda mengubah ISO, Anda harus menyesuaikan baik rana atau aperture (atau mungkin keduanya) untuk mengkompensasi cahaya agar mendapatkan eksposur yang tepat.  Setelah kamu menguasai segitiga eksposur, kamu dapat memanfaatkan bagian-bagian dari segitiga untuk lebih akurat menangkap apa yang kamu lihat. 

7. Mode P pada kamera anda bukan untuk profesional
Jadi kamu pergi dan mengeluarkan banyak uang untuk membeli kamera yang sangat mahal - yang kamu pikir akan membuat fotomu langsung setara profesional, kan? Yah, saya minta maaf untuk mengatakan itu tapi tidak mungkin. Sebuah kamera mahal di tangan seorang amatiran masih akan menghasilkan gambar yang amatir.  Saya telah melihat dalam beberapa tahun terakhir, beberapa DSLR paling mahal memiliki pengaturan otomatis, dan beberapa pengaturan semi-otomatis, serta mode manual. Saya akan merekomendasikan kamu belajar bagaimana menggunakan pengaturan Aperture Priotrity atau mode A dan  Shutter Priority atau mode S  kemudian apabila sudah merasa cukup fasih, cobalah pindah ke Manual atau mode M. Belajar bagaimana menggunakan mode manual penuh kamera kamu akan memberikan kekuatan untuk menangkap sesuai dengan apa yang kamu lihat. Bukannya saya tidak menyarankan ada untuk memakai mode P atau Program, namun bila kamu ingin benar-benar menguasai kendali penuh terhadap kameramu, berlatihlah menggunakan mode manual.

8. Perhatikan sumber cahaya disekitarmu
Ketika Anda mengambil gambar, kamu benar-benar hanya menangkap cahaya, sehingga kamu perlu untuk dapat memperhatikan semua sumber cahaya dan memahami bagaimana mereka akan berinteraksi dengan mekanisme kameramu. Perangkap paling umum di sini adalah saat pengambilan gambar dengan posisi matahari sedikit berasa di depan kamu. Dalam situasi ini, kamu tidak dapat melihat matahari dalam viewfinder (jendela bidik) kamu, tetapi jika kamu bergerak di sekitar depan kamera, Anda akan melihat bahwa ada sinar matahari langsung mengenai elemen depan lensa Anda. Beberapa cahaya tersebar kembali ke dalam tubuh lensa dan akhirnya sampai ke sensor kamera Anda. Hal ini akan menghasilkan efek "washed out" yang tidak benar-benar terlihat melalui jendela bidik saat pengambilan gambar, tetapi akan mengganggu hasil foto kamu. 

9. Selalu cek ulang settingan kameramu
Saya ingin mengatakan bahwa "pengaturan yang buruk menghasilkan gambar yang buruk". Saya sudah banyak menghasilkan jepretan yang buruk karena mengeluarkan kamera saya keluar dari tas dan memulai menjepret pada hari yang cerah dan lupa untuk memeriksa pengaturan, yang terakhir digunakan pada hari yang mendung. Saya harus belajar dengan cara yang sulit untuk memeriksa pengaturan kamera saya sebelum saya mulai menjepret pada setiap keadaan.


10. Berlatihlah!
Kita semua telah mendengar "practice makes perfect" (sering berlatih akan membuat sempurna) - tapi saya lebih suka kata-kata "perfect practice makes perfect". Fotografi adalah sebuah bentuk seni yang membutuhkan banyak pikiran mental dimasukkan ke dalam setiap jepretan - saya akan merekomendasikan berlatih tips demi tips sebelum lompat ke satu tips lain sampai mereka semua menjadi kebiasaan dan kamu dapat dengan mudah melakukan semuanya pada saat yang sama. Apabila kamu sudah menguasai semuanya, maka kamu nanti akan mengetahui alat-alat apa yang kamu butuhkan untuk benar-benar menangkap apa yang kamu lihat.

Sekian tips dari saya pada kesempatan ini, semoga tips -tips di atas dapat bermanfaat dan membuat kalian menghasilkan foto yang lebih bagus dari sebelumnya. :)
Dari sekian tips yang says tulis, mana yang menurut kalian paling penting? Dan apa alasannya? Share pendapat kamu kotak komen yang tersedia di bawah.

Apabila kamu menyukai tips ini, tolong bantu saya untuk memberikan like pada IDDsquare Facebook Page.

Setelah kamu klik tombol like di page kami, silahkan kamu komen di wall untuk mendapatkan special offer untuk couple photoshoot yang berkonsep! Limited until the end of February! We'll be Waiting! :D

Untuk melihat contoh-contoh foto kami bisa dilihat di http://iddsquare.com dan link-link pada IDDsquare Facebook Page kami.. Terima kasih. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar